top of page
Search
  • monikasari52

Persamaan Pemasaran dan Komunikasi



Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan oleh perusahaan untuk menginformasikan, mengingatkan, dan membujuk konsumen secara langsung maupun secara tidak langsung mengenai produk yang dijual oleh perusahaan tersebut. Tujuan komunikaasi pemasaran menurut Kennedy dan Soemanagara (2006) adalah untuk memberikan informasi kepada khalayak agar tujuan utama perusahaan dalam meningkatkan pendapatan dan penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan dapat tercapai. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial.


Menurut Hovland, Janis, dan Kelley yang dikutip oleh Regina (2014) definisi komunikasi adalah proses individu mengirim stimulus yang biasanya dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain. Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa komunikasi merupakan suatu proses sosial yang terjadi antara lebih dua orang yang menyampaikan pesan baik daam bentuk verbal maupun non-verbal dan terjadi respon terhadap pesan yang disampaikan. Pemasaran dan komunikasi merupakan suatu hubungan erat yang apabila digabungkan akan menciptakan strategi komunikasi pemasaran melalui proses perencanaan yang tepat.


Komunikasi pemasaran merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran. Terdapat beberapa kegiatan komunikasi pemasaran yang merupakan komponen dalam bauran pemasaran (promotion mix) menurut Ferrel dan Hartline (2011), yaitu periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial.

1 view0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page